Wednesday 2 December 2009

MEKANISME SERANGAN DOS


Berkembangnya internet saat ini, membuat banyak pelaku bisnis menggunakan jasa internet sebagai media untuk menjalankan bisnisnya.
Internet merupakan sebuah media informasi maupun komunikasi. Banyak informasi yang bisa didapatkan diinternet. Mulai dari informasi mengenai pendidikan, iklan maupun yang lainnya. Selain itu, internet juga banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk dijadikan sebagai peluang bisnis. Meskipun tidak memiliki kantor yang tetap, bisnis masih bisa dilakukan meskipun hanya menggunakan sebuah web sederhana. Ada juga pelaku bisnis yang hanya menggunakan jasa internet saja sebagai tempat transaksi dalam menjalankan bisnisnya. Pelaku bisnis seperti ini mungkin saja mereka tidak memiliki kantor yang tetap sebagai pusat bisnis, dimana mereka hanya mengandalkan internet sebagai pusat bisnisnya. Bagi pengusaha yang sebagian besar memanfaatkan internet sebagai pusat bisnisnya harus berhati-hati atas adanya bahaya para cracker. Salah satu serangan yang sederhana tetapi sangat berbahaya adalah serangan DDOS. Serangan DDOS ini sangat memberikan efek negative kepada para pengusaha yang menggunakan jasa layanan internet.

Jenis – jenis serangan DOS, diantaranya :
1. Ping Of Death
Merupakan serangan klasik yang dulu sering digunakan. Serangan ini di dilancarkan dengan menggunakan utility ping pada sebuah sistem operasi. Ping biasanya digunakan untuk memeriksa keberadaan sebuah host. Atau alamat IP dari sebuah website. Data yang dikirimkan secara default adalah 32bytes, namun pada kenyataannya program ini dapat mengirimkan sampai dengan 65kb data. Sekarang serangan seperti ini sudah tidak terlalu ampuh lagi, karena banyak sistem yang telah mengupdate patchnya dan menutup lubang-lubang tersebut. Ditambah semakin canggihnya teknologi dan semakin lebarnya bandwith yang tersedia, sehingga serangan ini tidak lagi menimbulkan dampak yang signifikan bagi sebuah sistem.
2. Syn flooding
Serangan Syn Flooding dilakukan dengan cara memanfaatken kelemahan protokol pada saat terjadinya proses handshake. Saat dua buah komputer memutuskan untuk memulai melakukan komunikasi maka komputer pengirim(penyerang) akan mengirimkan syn, penerima(target) pun akan menjawab dengan mengirimkan syn ack kepada komputer pengirim. Seharusnya setelah menerima balasan syn ack dari penerima pengirim pemngirimkan ack kepada penerima untuk melakukan proses handshake. Namun pada kenyataannya, pengirim justru mengirikan banyak paket syn kepada penerima yang mengakibatkan penerima harus terus menjawab permintaan dari pengirim. Alamat ip penyerang biasanya telah disembunyikan atau spoofed sehingga alamat yang dicatat oleh target adalah alamat yang salah. Penerima akan bingung untuk menjawab permintaan koneksi TCP yang baru karena masih menunggu banyaknya balasan ACK dari pengirim yang tidak diketahui tersebut. Disamping itu koneksi juga akan dibanjiri oleh permintaan syn yang dikirim oleh pengirim secara terus menerus. Serangan seperti ini menghambat penerima memberikan pelayanan kepada user yang absah.
3. Remote controled attack
Ramote controled attack pada dasarnya adalah mengendalikan beberapa network lain untuk menyerang target. Penyerangan dengan tipe ini biasanya akan berdampak besar, karena biasanya server- server untuk menyerang mempunyai bandwith yang besar. Penyerang juga dengan leluasa dapat mengontrol bonekanya dan menyembunyikan diri dibalik server-server tersebut. Banyak tools yang dapat digunakan untuk melakukan serangan denga tipe ini. Umumnya tools-tools tersebut mempunyai tipe Master dan client atau agent. Marster merupakan komputer master yang telah dikuasai oleh penyerang dan akan digunakan untuk memberikan perintah kepada para agent guna melancarkan serangan. Sedangkan client adalah komputer zombie yang telah berhasil dikuasai oleh penyerang, kemudian penyerang menanamkan aplikasi client yang siap menungu perintah untuk menyerang target. Tools yang cukup terkenal dari tipe serangan ini adalah trinoo.

4. UDP flood
Serangan UDP ini memanfaatkan protokol UDP yang bersifat connectionless untuk menyerang target. Karena sifatnya itulah UDP flood cukup mudah untuk dilakukan. Sejumlah paket data yang besar dikirimkan begitu saja kepada korban. Korban yang kaget dan tidak siap menerima serangan ini tentu akan bingung, dan pada beberapa kasus komputer server tersebut akan hang karena besarnya paket data yang dikirimkan. Penyerang dapat menggunakan tehnik spoofed untu menyembunyikan identitasnya.

5. Smurf Attack
Merupakan penyerangan dengan memanfaatkan ICMP echo request yang sering digunakan pada saat membroadcat identitas kepada broacast address dalam sebuah network. Saat melakukan broadcast pada broadcast address maka semua komputer yang terkoneksi kedalam jaringan akan ikut menjawab request tersebut. Hal ini tentu saja akan melambatkan dan memadatkan trafik di jaringan karena komputer – komputer yang tidak ditanya turut memberikan request tersebut. Hal ini tentu akan berdampak lebih besar bila alamat pengirim request disamarkan, dan tidak hanya mengirimkan ICM request pada sebuah network melainkan kebeberapa network. Tentu saja balasan yang diterima akan lebih besar lagi, tidak hanya sampai disitu. Pengirim menyamarkan identitasnya dengan cara memakai alamat ip orang lain. Celakalah bagi orang tersebut karena ia akan diserang dengan balasan icmp echo request dari beberapa network sekaligus

Saran Penanggulangan Serangan Diatas :
1. Ping of death umumnya tidak terlalu berpengaruh pada sistem saat ini, namun ada baiknya selalu mengupdate patch guna menutupi celah – celah keamanan yang ada pada sistem operasi.
2. Gunakanlah firewall yang dapat mengatasi masalah serangan ini, aturlah kebijakan firewall untuk tidak meneruskan paket data yang tidak diketahui dengan jelas asalnya. Cara lain adalah dengan memperbesar jumlah maksimum koneksi syn yang dapat berlangsung ke server.
3. Bila anda pemilik server yang dijadikan zombie, tersedia banyak aplikasi atau software untuk mendeteksi tools trinoo ini. Waspadai aktivitas yang janggal diserver anda dan lakukan pengecekan secara berkala. Walaupun pada prokteknya sangat sulit untuk mendeteksi serangan ini, pengaturan dan kombinasi firewall dan ids mungkin dapat cukup membantu. Dan tentunya dengan kebijakan atau policy yang tepat. Lakukan blocking ip address dan port bila anda terkena serangan dan laporkan kepada pemilik server yang menjadi zombie.
4. Dapat dilakukan dengan menolak paket data yang datang dari luar jaringan, dan mematikan semua service UDP yang masuk. Walaupun dengan cara ini dapat mematikan beberapa aplikasi yang menggunakan protok UDP. Namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi serangan ini.
5. smurf dapat diatasi dengan mendisable broadcast addressing di router, kecuali bila kita benar- benar membutuhkannya. Cara lainnya adalah dengan melakukan filtering pada permintaan ICMO echo pada firewall. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi trafik ICMP agar persentasenya kecil dari keseluruhan trafik yang terjadi pada jaringan.

1 komentar:

Anonymous said...

Saya telah melakukan pencarian di web berusaha untuk menemukan ide tentang cara untuk mendapatkan situs blog pribadi saya kode, gaya Anda sekarang dan tema yang indah. Apakah Anda kode itu sendiri atau apakah Anda merekrut programmer untuk mendapatkan itu dilakukan untuk Anda secara pribadi?